Akses Jalan Menuju Petilasan Beji Pedukuhan Sanggulan Mulai di Kerjakan Secara Gotong Royong

SNIPERS.NEWS | Tabanan – Warga Desa Sanggulan Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan, Bali, mulai bergotong royong membuat jalan menuju petilasan Makam Waliyullah secara bergotong-royong, Minggu (23/6/24) mulai pukul 07.00 pagi hingga sore.
Tampak hadir dan ikut  kegiatan gotong-royong Abah Decky Laksmana bersama santrinya, Kepala Lingkungan Sanggulan Bapak Sukro, juga masyarakat sekitar.
Diketahui, Waliyullah tersebut salah satu ulama besar yang menyebarkan agama Islam pada zaman Resi Dahyang Nirata atau yang lebih di kenal dengan nama Tuan Semeru. 

Menurut abah Deky Laksamana, selain keberadaan makam juga ditemukan simbol-simbol di lokasi tersebut. Seperti Patung Resi, Patung Dewi Padi, Patung Dewi Kwan Im dan Patung Budha. Selain itu, terdapat juga sumber mata air (air terjun) yang di yakini sebagai pertapaan Resi.
“Dengan ditemukannya simbol-simbol tersebut, menandakan bahwa dulunya tempat ini sebagai peradaban para pesiar agama yang di sebut Shiwa, Budha dan Sayyid. Hingga saat ini kami masih meneliti tepatnya tahun berapa dan juga silsilahnya keberadaan cagar budaya ini,” ungkap Abah Deky Laksamana yang juga Ketua Lesbumi NU Bali.
Selama pemugaran petilasan dan penelitian ini, lanjut Abah Deky, kami di dukung penuh oleh Ketua Rumah Nuswantoro Romo Ainul Karim dan juga timnya.

“Selama ini kami melakukan penelitian dan pemugaran cagar budaya ini dari swadaya masyarakat, termasuk pembuatan jalan menuju petilasan ini di bantu oleh para Dermawan (Hamba Allah),” ungkapnya.
“Kami berharap dari pemerintah bisa membantu dukungan dana untuk pemugaran cagar budaya ini. Karena ini sebagai tanggungjawab kita bersama untuk melestarikan cagar budaya sebagai saksi sejarah,” tutupnya.

Diakhir kegiatan gotong royong, Kepala Lingkungan menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga yang sudah ikhlas membantu membuat jalan masuk menuju Beji  Petilasan Padukuhan di tengah cuaca yang kurang mendukung (Hujan).
“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua warga yang sudah bersemangat bergotong royong membuat akses jalan masuk ke Beji Petilasan Pedukuhan ini, semoga semangat bergotong royong ini dapat mempererat kebersamaan dalam perbedaan yang terus bisa kita pertahankan,” pungkas Kepala Lingkungan Sanggulan Bapak Sukro.*
(Arifin)
https://ouo.io/Lfl8q2Y

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started