Amankan Tempat Kegiatan WWF Ke 10, KodamIX/Udayana Kerahkan Belasan Kendaraan Tempur

SNIPERS.NEWS | Badung – Rangkaian hari ketiga forum air terbesar sedunia World Water Forum ke-10, Senin (20/5/2024) Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi KTT WWF Ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali. Presiden RI terlebih dahulu melakukan penyambutan para Kepala Negara yang hadir, untuk kemudian bersama-sama mengikuti Opening Ceremony di  Mangupura Hall BICC. Tercatat para pemimpin dunia hadir di High Level Meeting (HLM) tersebut.
Pada hari yang sama, akan dilakukan Opening Fair & Expo World Water Forum ke-10. Selanjutnya Parliamentary Meeting akan digelar di Pecatu 3 dan 5, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). Usai pertemuan-pertemuan tersebut para Kepala Negara, Delegasi dan peserta World Water Forum akan berkunjung ke Kawasan Mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) I Gusti Ngurah Rai. Rangkaian hari ketiga akan ditutup dengan Cultural Parade di Bali Collection.
Terkait hal tersebut, para personel Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) dari Kodam IX/Udayana yang terbagi dalam beberapa Sub Satgas telah memasuki kedudukan (insert) masing-masing sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, termasuk pada Sub Satgas Pengamanan Tempat Kegiatan yang melaksanakan pengamanan Ring II dan III di seluruh obyek yang dikunjungi VVIP.
Dalam keterangannya saat ditemui di lokasi pengamanan kegiatan di BICC, Dansubsatgas Pengamanan Tempat Kegiatan, Kolonel Arh Teguh Waluyo, S.I.P., mengatakan, bahwa pihaknya saat ini melaksanakan pengamanan di seluruh venue selama berjalannya kegiatan untuk mengeliminir dan mencegah berbagai ancaman yang dapat mengganggu berjalannya kegiatan KTT WWF ke 10.

“Kami menerjunkan ratusan personel yang terbagi menjadi 4 kelompok untuk mengamankan lokasi atau venue kegiatan di Kawasan BICC, BNDCC, GWK dan Tahura. Dikarenakan venue di BICC ini adalah lokasi inti, maka kita juga menyiagakan belasan Kendaraan Tempur (Ranpur) dan Kendaraan Taktis (Rantis) untuk mengamankan VVIP apabila terjadi chaos (kekacauan) atau hal-hal yang tidak kita inginkan,” jelas Dansubsatgas yang didampingi Danplek Pam BICC Letkol Cpn I Gede Winarsa S.H., M.Han.
Terkait dengan pencegahan gangguan keamanan, Kolonel Teguh Waluyo mengungkapkan bahwa H-5 sebelum kegiatan pihaknya telah melaksanakan patroli-patroli keamanan di sekitar lokasi kegiatan. Sub Satgas Pengamanan Tempat Kegiatan juga telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, baik itu dari penyelenggara acara, Event Organizer (EO), Paspampres, hingga management tempat kegiatan, guna meyakinkan keamanan.
“Kami mengharapkan semua kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali, sehingga dapat menjadikan Bali sebagai cerminan keamanan di Indonesia. Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat di Bali dapat mendukung kegiatan KTT WWF, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, lancar dan aman,” demikian harapnya.
Diketahui bersama, bahwa Subsatgas Pengamanan Tempat Kegiatan sebelumnya juga telah mengamankan jalannya kegiatan Welcoming Dinner, bertempat di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Minggu (19/5/2024). Acara tersebut telah tergelar dengan aman dan sukses, para tamu negara dijamu dengan nuansa kental budaya khas Indonesia, mulai dari pakaian yang dikenakan kepala negara dan undangan, penampilan seni musik dan tari, hingga menu makan malam.*
(Arifin/Pendam IX/Udayana)
https://ouo.io/8GA16IM

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started